Sunday, July 21, 2013

Apakah Hipnoterapi itu?

Dunia hipnosis dan hipnoterapi, atau yang lebih terkenal melalui pemberitaan media sebagai "hipnotis" sudah saya dengar sejak masa kuliah, di kota pelajar. "Betapa mengagumkan" begitu pikir saya waktu itu, kala melihat tayangan di televisi swasta nasional. Namun, disamping mengagumkan itu, kok saya mendengar melalui media, juga banyak yang katanya menjadi "korban hipnotis". Hm.. Jadi pikir - pikir deh mau mempelajarinya.

Namun, impian saya untuk belajar hipnosis, ternyata terus terbawa hingga masa lulus kuliah. Entah bagaimana caranya, perjalanan hidup saya berjalan dan akhirnya bertemu dengan salah satu tokoh hipnosis Indonesia, yaitu Adi W. Gunawan.

Setelah mendapatkan penjelasan yang bagi saya lebih masuk akal ketimbang penjelasan di televisi, saya memutuskan untuk mempelajari hipnosis lebih lanjut, dan menjadi seorang hipnoterapis di Bali. Baik, itu sekilas tentang perjalan hidup saya menjadi seorang hipnoterapis di Bali.

Sekarang, sesuai judul, sebenarnya apakah hipnoterapi itu? Pertama - tama, saya akan mulai dengan kata dasarnya yaitu hipnosis. Perlu saya luruskan dahulu tentang istilah hipnosis dan hipnotis. Hipnosis adalah nama kondisinya, sedangkan hipnotis adalah orang yang melakukan hipnosis. Nah, dari istilah awal saja, sudah jelas kan, kalau pemberitaan yang dahulu sering saya dengar itu salah besar.
OK, Hipnosis, menurut U.S. Dept. of Education, Human Services Division: “hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment acceptable selective thinking” atau “hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran selektif (sugesti).”

Pada kondisi hipnosis, seseorang berada pada kondisi kesadaran khusus, dimana pikiran berada di dalam kondisi yang reseptif, sehingga dapat dengan mudah dilakukan perubahan berbagai program pikiran dengan cepat dan relatif mudah.

Nah, hipnoterapi sendiri, sederhananya adalah terapi yang dilakukan di dalam kondisi hipnosis. Yang melakukan hipnoterapi, disebut hipnoterapis. Sudah lebih jelas sekarang kan? :-)

Jadi, sejak saya mengikuti pelatihan di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology selama 100 jam pertemuan, saya mendapat sertifikasi sebagai hipnoterapis. Kebetulan saat ini saya tinggal di Denpasar - Bali, maka saya menjadi hipnoterapis di Bali :-D.

No comments:

Post a Comment